• Jadwal Sholat

  • Opie cayank Mama

Menu sahur yang Sehat

 

sahurTak sedikit orang sahur dengan menyantap makanan berat. Mulai dari rendang, ayam goreng, hingga opor ayam. Padahal, kecepatan metabolisme seseorang pada saat puasa cenderung menurun.

Itu sebabnya, orang berpuasa dianjurkan mengonsumsi makanan rendah indeks glikemik (GI) pada saat sahur. Makanan tersebut harus rendah karbohidrat, lambat serap, serta memiliki kecenderungan memberikan rasa kenyang lebih lama.

GI yang dianjurkan berkisar pada angka 54 atau kurang dari itu. Misalnya tahu, tempe, sayur, sup, atau daging. Adapun buah yang dianjurkan adalah yang mengandung air tinggi, seperti pepaya, semangka, dan kurma.

“Kuncinya adalah tinggi serat, cukup protein, cukup lemak baik, kurangi garam, dan hindari memasak terlalu lembek,” ujar Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi, dr. Tirta Prawita Sari.

Menurut dia, garam harus dikurangi selama berpuasa, karena dapat menyebabkan tubuh lebih mudah dehidrasi. Sementara itu, serat harus ditingkatkan untuk mencegah munculnya masalah konstipasi sekaligus melancarkan pencernaan.

(VIVAlife)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: